Cemilan Tepat Berat Badan Terjaga

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh tubuh manusia karena merupakan sumber tenaga untuk menjalankan berbagai aktivitas dalam hidup. Makanan juga sangat berkaitan hubungannya dengan kesehatan tubuh kita. Karena makanan yang kita makan mempengaruhi kesehatan kita, apabila ingin sehat, atur pola makan yang bergizi dan seimbang. Tapi bagaimana dengan makanan ringan atau camilan atau yang biasa kita sebut snack, apakah itu baik bagi kesehatan? Apakah camilan ini harus dihindari? Camilan yang bagaimana yang harusnya baik dikonsumsi tubuh? Apa manfaatnya bagi tubuh? Mungkin terlihat sepele, tetapi menjaga menu cemilan yang dikonsumsi adalah hal penting yang perlu dilakukan.

 

Ternyata cemilan itu mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya:

  1. Cemilan untuk pengendalian berat badan

Menghindari kelaparan yang ekstrim bisa meningkatkan kemungkinan seseorang dengan memakan cemilan. Megan Mullin, seorang ahli gizi di Canyon Ranch SpaClub di Las Vegas, merekomendasikan bahwa makan makanan kecil setiap tiga sampai lima jam akan membuat  seseorang menahan keinginan untuk makan berlebihan.

  1. Mempertahankan energi

Setelah makan makanan, kadar gula darah akan meningkat dan kemudian menurun, kamudian mulai merasa lelah jika kadar gula darah terlalu rendah. Makanan ringan dapat mencegah kadar gula darah yang nencegah terlalu banyak penurunanan gula darah di antara waktu makan. Sementara makanan ringan bergula dapat menyebabkan gula tinggi, namun manfaat camilan sehat mempromosikan kadar gula darah yang lebih berkelanjutan.

Selain itu, cemilan juga mempunyai manfaat khusus untuk kesehatan anak, yaitu untuk memberikan perbaikan gizi, mendorong kebiasaan sehat seumur hidup dan mencegah penyakit yang melemahkan atau mematikan. Makanan ringan terutama penting bagi anak karena masih dalam masa pertumbuhan. Cemilan sehat di sekolah dapat memberikan  nutrisi yang lebih baik selama sekolah dasar dan peningkatan energi dan kemampuan kefokusan.

Cemilan penting bagi anak-anak karena mereka memiliki perut yang lebih kecil daripada orang dewasa dan tidak selalu bisa, makan dengan cukup setiap kali makan. Anak-anak harus dapat camilan sehat setiap tiga sampai empat jam setiap hari. Cemilan sehat sepanjang hari, tidak hanya memastikan anak tidak lapar namun, juga membantu mereka belajar kebiasaan makan yang sehat, seperti makan dalam jumlah yang tepat dan hanya ketika mereka lapar. Snack sehat sepanjang hari akan mencegah pola kebosanan makan atau makan berdasarkan faktor emosional.

 

Berikut adalah beberapa kandungan yang harus tersedia didalam cemilan anda:

Biasanya cemilan berhubungan dengan makanan yang manis atau asin. Cemilan yang seperti ini yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi dengan nilai gizi yang minim dan hanya akan memberi energi dalam waktu singkat, pilihlah cemilan sehat, karena cemilan sehat akan menyuplai energi untuk jangka waktu lebih panjang. Camilan sehat juga dapat menghindari rasa ngantuk yang biasanya terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi gula.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi camilan dengan perbandingan nutrisi dan kalori yang tepat. Salah satu kombinasi nutrisi camilan sehat adalah protein dan serat.

Protein akan membantu perkembangan massa otot yang lebih ramping sekaligus mendorong metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori. Sementara itu, serat akan membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak lemak dan gula.

Lalu berapa porsi camilan yang tepat? Jika Anda ingin camilan bermanfaat optimal dan tidak mengganggu porsi saat waktu makan tiba, sebaiknya camilan tidak mengandung lebih dari 200 kalori, dengan 10 gram protein, dan 5 gram serat.

 

Banyak orang berpikir menghindari mengonsumsi cemilan ketika mereka sedang mempunyai program penurunan berat badan, padahal justru cemilan dapat menjadi alat yang penting untuk menjaga dan menurunkan berat badan. Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tiap beberapa jam akan menjaga kinerja metabolisme dan gula darah stabil. Tapi dengan catatan cemilan yang dimaksud disini adalah cemilan yang sehat.

Berikut adalah beberapa contoh cemilan sehat yang dapat Anda kombinasikan untuk menjaga pola hidup sehat Anda:

  1. Buah dan Sayur

Dengan mengonsumsi kedua makanan ini akan memberikan rasa kenyang dengan asupan kalori yang sedikit. Buah dan sayur sekaligus mengandung vitamin, mineral, serta zat gizi bermanfaat lain. Terutama buah merupakan salah satu menu cemilan favorit beberapa orang.

  1. Kacang dan biji-bijian

Berkat kandungan protein dalam kacang dan biji-bijian, camilan jenis ini akan membuat Anda tidak merasa lapar lebih lama. Tetap saja jangan mengonsumsi keduanya dengan berlebihan.

 

  1. Produk olahan susu rendah lemak

Keju, yoghurt, dan produk olahan susu lain merupakan sumber kalsium dan protein, serta vitamin dan mineral lain. Pilihlah produk dengan label tanpa pemanis tambahan.

  1. Biji-bijian utuh

Camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks agar tubuh senantiasa berenergi.

Cobalah kombinasi beberapa bahan makanan sehat diatas. Anda dapat membuat camilan sehat yang sesuai dengan selera Anda sendiri. Dengan nutrisi dan porsi yang tepat, bukan mustahil sajian ini justru dapat membantu Anda meraih berat badan yang diinginkan.

Figbars merupakan salah satu cemilan sehat yang sangat aman bagi tubuh. Fig Bars adalah makanan ringan yang cocok untuk mereka yang aktif dan sadar akan hidup sehat. Dibuat dari bahan-bahan berkualitas yang terbukti bebas GMO, bersertifikat Vegan, rendah sirup jagung fruktosa, bebas lemak trans dan kolesterol, sehingga dapat menjadi alternative sebagai pengganti cemilan sehari-hari anda permen atau kue.


Varian rasa buah yang lezat seperti Rasberry, Blueberry, Apel & Kayu Manis, FIG Original, Peach Aprikot, Lemon, Strawberry dan Mangga menjadi pilihan praktis dan sempurna, tidak hanya untuk sarapan tapi juga untuk makan siang anak-anak dan cemilan sepulang sekolah. Makanan ringan yang mudah dibawa ke mana saja, cocok untuk naik gunung, bersepeda, berkemah, dan meningkatkan energy setelah latihan yoga atau beraktifitas seharian.

Jadi, jika Anda sengaja menghindari camilan untuk mengurangi asupan kalori, itu merupakan alasan yang tidak tepat. Cemilan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya juga membantu menjaga metabolisme pembakaran lemak dalam tubuh.

Selamat Mencoba!

Health Starts with You!

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *