Jaga Kesehatan Bayi Anda dimulai dari Botol Susu nya

 

Salah satu penyebab diare pada bayi adalah salah mencuci botol susu bayi sehingga tidak bersih dan menyebabkan bayi sakit. Diare merupakan salah satu pembunuh utama balita di dunia juga di tanah air. Laporan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WWHO) menyebutkan, setiap tahun 1,5 juta anak balita meninggal dunia akibat diare, membuatnya menjadi penyebab kematian terbesar kedua pada anak balita. Di Indonesia, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2007, diare menjadi penyebab kematian 31,4% bayi berusia 29 hari hingga 11 bulan. Tidak benar mencuci botol susu, bisa berakibat fatal pada kesehatan bayi Anda.

Dengan melihat hal diatas, orangtua perlu untuk membersihkan botol susu dengan benar- benar, memperhatikan kebersihan dan kehigienisannya; botol susu untuk bayi perlu dibersihkan dengan cara khusus. Untuk pembersihan botol susu ini adalah dengan cara dicuci seperti kebanyakan alat makan. Namun, pencucian botol susu ini yang memerlukan teknik khusus atau teknik tertentu. Pencucian botol ini tidak sama dengan mencuci perabotan rumah tangga lainnya. Berikut adalah cara mencuci botol susu bayi agar bersih dan higienis:

 

  1. Membersihkan Tempat Mencuci

Pastikan bersihkan terlebih dahulu bagian dalam dan permukaan luar tempat cuci terlebih dahulu sebelum mencuci semua perlengkapan makan anak dan bayi ini. Hal ini sangat berguna untuk membasmi berbagai macam kuman dan bakteri serta mencegahnya menempel pada botol susu setelah dicuci.

Tuang sabun cuci ke dalam tempat cuci dan sikat semua bagiannya dengan bersih. Selanjutnya, siramkan larutan air panas dan sabun cuci khusus ke dalam bak untuk menyempurnakan proses sterilisasi.

 

  1. Lepaskan Semua Komponen Botol

Mencuci botol susu BPA free untuk bayi dapat dimulai dengan memisahkan masing-masing bagian, seperti tabung susu, cincin botol, dan dot. Cara baiknya adalah untuk mencuci setiap bagian dengan baik dan terpisah.

 

  1. Tuang Air Panas

Tuangkan air panas ini ke dalam botol bayi untuk membersihkan susu yang mengendap di dalam botol serta membunuh kuman dan bakteri di dalamnya.

 

  1. Sikat Botol

Gunakan sikat penggosok yang dilengkapi tangkai besi berukuran panjang untuk membantu aktivitas mencuci botol susu bayi Anda. Masukkan sikat ke dalam botol dan gosoklah setiap permukaan dalam botol dan ujung-ujungnya dengan benar.

 

  1. Sikat Dot

Sikatlah dot ini untuk membersihkan setiap lekukan dan bagian luar permukaan dot yang sering menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Dot yang bersih akan membuat bayi nyaman pada saat menggunakannya.

 

  1. Memakai Sabun bebas Kimia

Setelah selesai menyikat semua perlatan makan anak dan bayi, cara membersihkan botol susu bayi terakhir yang perlu dilakukan adalah menggunakan sabun cair yang bebas kimia khusus yang aman digunakan mencuci alat makan ini.

Anda dapat menggunakan Nature Clean Dishwashing Liquid. Nature Clean Dishwashing Liquid terbuat dari bahan alami (tumbuhan dan mineral alami) yang dapat menghilangkan minyak dan kotoran dari permukaan peralatan makan atau botol susu bayi. Dishwashing Liquid ini juga tidak mengandung sulfat (SLS atau SLES), Phthalates, parabens, parfum sintentis dan pewarna sintetis yang sangat berbahaya apabila tanpa sengaja masuk kedalam tubuh apabila peralatan makan tidak dibilas dengan benar.

Phthalates biasanya banyak ditemukan dalam produk-produk rumah tangga yang berbau harum, seperti pengharum ruangan, sabun cuci piring atau tisue wangi. Produsen biasanya tidak mencantumkan tulisan ‘phthalates’ pada kemasannya, tapi jika Anda melihat kata ‘fragrance’ atau ‘perfume’ dalam daftar kandungan zat, besar kemungkinan produk tersebut mengandung phthalates. Zat kimia ini bisa mengganggu kinerja kelenjar endokrin. Phthalates dapat memicu migrain dan asthma. Meskipun zat tersebut umumnya masuk ke tubuh lewat pernapasan, tapi bisa juga merusak lewat kulit. Alicia Stanton, MD, penulis Hormone Harmony mengingatkan, phthalates yang terpapar lewat kulit bisa terserap dan mengenai organ-organ dalam. Nature Clean Dishwashing Liquid tidak mengandung phthalates, sehingga sangat aman dan direkomendasikan untuk mencuci botol susu bayi dan juga peralatan makan bayi lainnya.

Selain itu, Nature Clean Diswashing Liquid ini juga telah teruji secara klinis tidak menyebabkan iritasi dan menyebabkan tangan kering. Jadi aman digunakan oleh mereka yang mengalami alergi pada detergen. Gunakan sabun cuci piring yang aman digunakan untuk keluarga Anda, terutama untuk bayi Anda, karena bayi sangat rentan terkena sakit dibanding orang dewasa.

Nature Clean Dishwashing Liquid tersedia dalam 3 varian, yaitu Lavender, Mandarin Grapefruit, dan Unscented. Yang unscented direkomendasikan untuk bayi atau keluarga yang memiliki kulit yang alergi atau sensitif.

 

  1. Bilas di Bawah Air Mengalir

Bilas botol dibawah air mengalir, karena hal ini akan sangat efektif dalam membersihkan semua peralatan botol dan dot bayi dan memastikan air sabun juga sudah terbilas bersih. Setelah itu keringkan.

 

Jaga kesehatan bayi Anda, dimulai dengan menjaga kebersihan dan keseterilan berbagai peralatan makan yang digunakan bayi Anda. Satu hal yang harus Anda ingat, jangan mudah tergiur dengan produk-produk pembersih dengan harga murah yang beredar diluaran, karena Anda tidak akan pernah tahu kandungan apa yang ada didalamnya dan akibat apa yang akan terjadi kedepan apabila Anda menggunakannya. Mulailah baca di kemasan kandungan bahan di dalam produk tersebut dan waspada dengan produk-produk yang menggunakan zat kimia yang ternyata tidak aman untuk kesehatan badan kita. Menjaga kesehatan itu mahal, tetapi membeli kesembuhan ketika sakit itu jauh lebih mahal.

 

Salam Gembira!

Health Starts With You!

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *