Tetap Berolahraga disaat Puasa? Bisa Dong!

Disaat berpuasa, sering sekali orang menahan diri untuk tidak terlalu banyak beraktivitas yang berat, seperti berolahraga. Dengan alasan takut kelelahan, takut lapar dan salah satu yang paling sering didengar takut haus. Dibulan puasa, kita memang di tuntut untuk bersabar menahan lapar dan dahaga sejak terbit hingga terbenam matahari, tapi tahukah kamu, kalau ternyata berolahraga itu juga penting untuk mendukung ibadah puasa kamu.

Salah satu manfaat berolahraga disaat berpuasa adalah mengoptimalkan kinerja hormon. Karena perut yang kosong memicu perubahan hormon di dalam tubuh yang bisa membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak lebih cepat. Olahraga saat berpuasa juga turut meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes. Tidak hanya itu, tetap rutin berolahraga selama Ramadan turut memicu produksi hormon pertumbuhan yang penting dalam pembentukan jaringan otot, membakar lemak, meningkatkan kepadatan tulang dan harapan hidup lebih lama.

Apabila diimbangi juga dengan tidur yang cukup, khasiatnya sangat efektif dalam menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Tapi tentu saja, berolahraga saat berpuasa memiliki mekanisme tersendiri agar tidak membahayakan kesehatan. Misalnya berkaitan dengan waktu dan durasi berolahraga. Pastikan waktu berolahraga kamu tidak terlalu berlebihan untuk menghemat energi tubuh selama berpuasa. Untuk waktu yang tepat berolahraga adalah selepas sahur atau menjelang berbuka. Boleh juga beberapa jam setelah berbuka untuk pembakaran energi yang maksimal.

Berikut adalah beberapa kegiatan olahraga yang dapat kamu lakukan ketika kamu berpuasa:

  1. Jogging/TreadmillRingan

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kamu bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

  1. Renang

Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik. Kita dapat mengisi waktu berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit.

  1.  Jalan Cepat

Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kamu untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka.

  1.  Yoga

Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa.

  1.  Naik Turun Tangga

Olahraga ringan yang bagi sebagian orang sepele ini ternyata mampu menimbulkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Selain itu, sebelum melakukan beberapa olahraga ringan ini, kamu juga perlu perhatikan beberapa hal sehingga kamu dapat melakukan olahraga diatas di bulan puasa, seperti berikut:

 

Olahraga dapat dilakukan dengan durasi antara 30 menit sampai dengan maksimum 60 menit dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Minumlah banyak air sebelum berolahraga. Minuman air seperti air kelapa dapat meningkatkan elektrolit dalam tubuh, yang dapat membantu fungsi jantung, saraf, dan otot.
  • Jangan melanjutkan olahraga jika Anda merasa lemah, pusing, atau sakit meskipun Anda sudah menurunkan intensitas latihan.
  • Hindari makan-makanan yang digoreng dengan minyak berlebih ataupun makanan berlemak jika ingin olahraga Anda berhasil.

Apabila kamu sedang dalam perawatan medis dokter atau memiliki riwayat penyakit kronis, sebaiknya konsultasikan dulu aktivitas fisik dengan dokter sebelum memulai olahraga saat puasa.

Beberapa jenis olahraga ringan ini dapat kita lakukan selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Hal terpenting yang perlu diterapkan selama melakukan olahraga saat berpuasa adalah tetap berpikiran positif dan jauhi rasa malas yang sering menyerang. Pasang sugesti kuat untuk mampu melakukan olahraga dengan 6 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang mampu menghalangi rutinitas berolahraga yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. Selamat berpuasa!

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *