Tubuh Lebih Sehat Dengan Granola

Saat ini, semakin banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan. Mereka mulai menyusun pola hidup sehat dengan mengatur jadwal olahraga yang teratur, tidur teratur, jam makan teratur sampai pada mengatur jenis makanan yang dikonsumsi. Seiring dengan trend hidup sehat yang mulai naik, semakin banyak pula bermunculan jenis makanan sehat, salah satunya Granola.  Granola belakangan ini sering menjadi salah satu menu favorit sarapan sehat, karena kandungan serat tinggi yang ada pada granola.

Tapi sebenarnya apasih itu Granola? Granola merupakan salah satu jenis makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya. Setiap granola bisa mengandung bahan yang berbeda-beda, sehingga juga membuatnya mempunyai nilai gizi yang berbeda. Beberapa mungkin memiliki kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak, tergantung dari bahannya.

Granola berbentuk kering, renyah dan gurih meski tidak mendapatkan tambahan bumbu apapun. Karenanya granola lazim digunakan sebagai sereal sarapan yang disajikan bersama pisang, strawberry, susu, yoghurt, madu atau malah dijadikan camilan pengganti.

Namun yang pasti kandungan utama dari granola adalah oat dan kacang-kacangan, sehingga membuat granola mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam granola ini membuat granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Berikut merupakan penjabaran beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika rutin mengonsumsi Granola sebagai salah satu jenis makanan sehari-hari.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Karena kadar serat yang sudah tinggi, maka granola akan sangat membantu memperbaiki fungsi pencernaan, terutama masalah BAB. Serat dalam granola bersifat larut maupun tidak larut. Dan keduanya penting untuk menjaga kesehatan pecernaan. Pada jangka pendek, serat dalam granola akan bekerja mendorong penyerapan lebih banyak air pada area usus besar . Dan pada sisi lain granola juga akan membantu menancing gerak peristaltik pada usus. Serat dalam granola juga efektif untuk menjaga kadar biota sehat dalam usus berada dalam level normal. Selain itu Granola juga baik untuk mengatasi masalah enzim yang tidak seimbang dan masalah asam lambung.

 

  1. Menurunkan berat badan

Kadar serat yang tinggi didalam Granola disempurnakan dengan kandungan protein di dalamnya memberi efek kenyang lebih cepat dan tahan lama. Secup granola saja sudah cukup membantu Anda merasa cukup kenyang. Dengan demikian Anda akan otomatis mengurangi asupan makanan lain sehingga mengurangi kadar kalori yang masuk dalam tubuh.

 

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Pengaruh dari kadar serat larut didalam Granola membuatnya bekerja menjadi spons penyerap kelebihan kolesterol dalam darah. Ditambah dengan asupan oat dan beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan omega 3 dan 6, akan membantu meningkatkan kadar kolesterol sehat dalam tubuh.

 

  1. Mendorong pembentukan energi

Perpaduan karohidrat kompleks dengan protein pada Granola membuat granola memiliki kemampuan memproduksi energi lebih baik. Selain itu dalam dalam granola ditemukan mineral mangan yang dibutuhkan tubuh. Mangan berperan dalam proses pembentukan energi, membantu kesinambungan serta efisiensi sistem metabolisme dan membantu energi bertahan dalam jangka lebih panjang. Mangan juga bekerja dalam fungsi liver dan ginjal. Keduanya bekerja untuk membantu mengubah protein menjadi asam amino yang langsung bisa diserap oleh sel dan otot, juga bekerja terhadap asupan lemak.

 

  1. Membantu menjaga kestabilan gula darah

Granola ternyata juga terbukti bekerja efektif dalam membantu menjaga regulasi kadar gula darah. Sejumlah buah kering seperti buah plum kering, cherry bahkan strawberry dan blueberry akan mengandung sejumlah jenis flavonoid seperti antosianin dan quercetin. Flavonoid adalah jenis anti oksidan yang dapat membantu memperbaiki penurunan fungsi pankreas sehingga memperbaiki disfungsi produksi insulin.

Flavonoid dan mangan juga efektif meningkatkan metabolisme. Ini akan mendorong sel-sel lebih aktif menghasilkan energi. Artinya juga sel-sel akan semakin aktif menarik glukosa dari dalam darah. Inilah yang memungkinkan manfaat granola juga bekerja dalam menjaga stabilitas kadar gula darah.

 

  1. Menjaga keberlangsungan regenerasi sel

Granola mengandung vitamin E dalam jumlah cukup tinggi baik itu dari oat maupun dari kacang dan biji-bijian. Ditambah dengan kadar vitamin C dari buah kering dan sejumlah aspek asam amino glutamat, maka mengonsumsi granola akan membantu proses pembentukan glutathione dan kolagen, karena keduanya bekerja efektif menjaga tubuh menjalankan fungsi regenerasi sel dengan optimal, baik itu pada sel-sel rusak akibat efek infeksi atau iritasi, maupun efek dari proses penuaan. Termasuk pada permukaan kulit, otot hingga sel-sel pada organ dalam.

  1. Mencegah anemia

Dengan kandungan vitamin B1 dan zat besi yang cukup tinggi, Granola  sangat berperan besar dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Mereka yang mengalami defisiasi zat besi, seperti anak-anak yang terlalu gemar susu, wanita pada masa subur dengan haid panjang, pria yang bekerja dalam tekanan, mereka yang tengah diet dan beban yang tinggi bahkan remaja di masa aktif pertumbuhannya. Semua memiliki kerentanan untuk mengalami masalah anemia.

 

  1. Menjaga kesehatan kognitif

Kesehatan kognitif berkaitan dengan kemampuan motorik halus dan kasar seseorang. Dalam sejumlah aspek, granola bekerja terhadap fungsi otak. Seperti membantu mendorong suplai oksigen menuju otak, membantu menjaga kesehatan fungsi jaringan sel syaraf otak dan membantu regenerasi sel otak.

 

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah

Dalam granola Anda akan menemukan kadar potasium yang cukup untuk bisa membantu mencegah kenaikan tekanan darah. Selain itu, granola juga dikenal sebagai anti kolesterol. Dengan rutin mengonsumsi granola atau bahkan mengalihkan satu waktu makan dengan semangkuk granola, maka risiko seseorang mengalami masalah penyumbatan pembuluh darah akibat plak kolesterol akan berkurang drastis.

 

  1. Sebagai pencegahan kanker

Kandungan nutrisi dalam granola yang kaya akan mineral, vitamin dan sejumlah anti oksidan jelas menjadikannya masuk dalam daftar makanan pencegah kanker. Sebenarnya kekuatan utama dari granola sebagai anti kanker terletak pada mangan yang membantu melindungi DNA manusia.

Namun di saat yang sama granola akan mengandung buah kering dengan sederet anti oksidan yang terkandung di dalamnya. Juga mengandung vitamin C, E dan sejumlah asam amino yang berperan dalam pembentukan glutathione.

Glutathione bukan hanya berfungsi menjaga fungsi regenerasi sel, tetapi membantu meningkatkan imun termasuk meningkatkan anti gen yang melawan kerusakan DNA dan pembentukan sel abnormal dalam tubuh manusia. Peran ini jelas akan berkaitan dengan fungsi anti kanker.

 

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan ketika mengonsumsi Granola, ayo mulai sarapan sehat dengan Granola. Granola dapat disajikan dengan berbagai cara, mulai dari disajikan sebagai sereal dengan cara dicampur susu, atau dimasukkan dalam kue, seperti muffin atau resep kue lainnya. Anda juga bisa membuat granola sendiri dengan komposisi oat, kacang-kacangan, serta tambahan dengan buah-buahan kering dan sedikit madu sebagai pemanis. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dan panggang sampai berwarna cokelat keemasan. Anda dapat menyimpan granola yang telah didinginkan ke dalam wadah kedap udara sampai 1 bulan.

Selain itu, Anda bisa menikmatinya setiap pagi dengan tambahan susu tanpa lemak atau yogurt. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan segar (seperti mangga, strawberi, pisang, atau lainnya), sehingga kandungan gizinya lebih lengkap lagi. Konsumsilah setidaknya ¼ gelas per hari agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda.

Aku Gembira juga memiliki produk Granola baru untuk mendukung pola hidup sehat yang sedang Anda jalani. Granola dari Bakery On Main dijamin kelezatannya karena terbuat dari biji dan buah pilihan yang dapat menjadi alternative makanan sehat Anda yang kaya akan gizi. Selain itu Granola dari Bakery on main juga Gluten Free, sehingga sangat aman dikonsumsi untuk anda yang menderita alergi Gluten!

 

Salam Gembira!

Health Starts With You!

 

*Dari Beberapa Sumber

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *