Maaf, Satu Kata Bermakna Punya Banyak Manfaat.

Marah sering sekali terjadi didalam hidup kita, ada banyak situasi yang dapat menyebabkan amarah itu muncul. Mau itu situasi yang kecil atau pun besar. Tatkala amarah tidak dapat terbendung lagi. Tapi sadar atau tidak, bahwa kata maaf dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk memulihkan suatu hubungan yang sempat memanas karena amarah. Kata maaf juga dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ketika kita melalukan suatu kesalahan yang menyebabkan kerugian bagi orang lain.

Para ahli telah menyadari bahwa memaafkan dan melupakan merupakan salah satu mekanisme pertahanan. Kedua hal ini merupakan sumber daya penyembuhan yang tidak terakses dan yang  paling tidak dipahami. Berikut ini manfaat minta maaf dan memberi maaf:

 

  1. Seseorang dapat terus dihantui rasa bersalah pada dirinya ketika dia tidak menyadari kesalahannya dan tidak mempunyai keberanian untuk meminta maaf. Karena meminta atau memberi maaf dapat membantu kita melepaskan dari perasaan bersalah.

 

  1. Ketika kita mengalami konflik dengan orang lain, sering sekali ini menyebabkan dapat ketegangan yang dapat menimbulkan stress karena kepikiran akan konflik tersebut. Sebuah permintaan maaf dapat memberikan ketenangan baru diantara kedua pihak, dan stress tidak akan muncul. Mengakui kesalahan diri sendiri membantu kita untuk tumbuh dan dapat melanjutkan kehidupan yang damai, aman, dan bahagia.

 

  1. Memberi maaf juga dapat menghapus rasa sakit pada pikiran dan perasaan kita akibat konflik yang membelit.

 

  1. Memberi maaf dapat mengubah hubungan yang retak menjadi sikap persahabatan dan membantu membangkitkan kembali semangat orang yang mungkin bersalah dalam konflik ini. Mengabaikan konflik hanya semakin membuat hubungan kita menjadi lemah. Namun dengan mengakui kesalahan membuat kita bergerak dengan cara yang sehat sehingga dapat memperkuat hubungan kita dengan orang lain.

 

  1. Memberi dan meminta maaf juga dapat membangun rasa peduli satu dengan yang lain. Hubungan yang dibangun di atas rasa hormat, dan mengatakan permohonan maaf karena kesalahan menunjukkan bahwa kita menghormati perasaan orang lain.

 

  1. Kebiasaan mengatakan “Maaf” juga dapat membantu kita untuk lebih rendah hati. Terbiasa untuk mengakui kesalahan, sehingga ketika kita melakukan suatu kesalaha, kita sudah terbiasa untuk sadara akan kesalahan kita dan mengungkapkannya dengan meminta maaf. Dan hal ini juga melatih kita untuk menjadi seorang pemaaf.

 

  1. Mengatakan “Maaf” juga dapat memberi teladan kepada anak-anak, bagaimana cara yang tepat ketika mengakhiri kesalahan mereka kepada teman, sahabat, atau keluarga.

 

  1. Kebencian dan balas dendam mengganggu keselarasan seluruh keluarga. Kebencian entah pasif atau pasif, adalah keganasan yang tumbuh, menggerogoti anda dari dalam serta terus mengeluarkan zat-zat berbahaya yang memicu berbagai penyakit. Balas dendam hanya akan membentuk lingkaran balas dendam yang tiada akhir. Lepaskanlah, dan mulailai untuk belajar meminta maaf dan memaafkan.

 

Meminta maaf maaf adalah perwujudan cinta, kebaikan dan rasa sayang yang tidak egois, tanpa pamrih dan tidak menyalahgunakan. Sedangkan memaafkan adalah melupakan, tidak membahasnya lagi dan itu berarti sembuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Meminta maaf benar-benar dapat meredakan konflik yang sedang terjadi. Bukan hanya itu permintaan maaf juga dapat menjauhkan tubuh dari masalah kesehatan baik psikis maupun fisik. Jadi pada hakikaktnya memiliki kesalahan tanpa pernah mengucap maaf, hanya akan membuat kita memiliki cap buruk dimata orang lain. Dan karena itu membuat orang lain tidak akan pernah menyukai dan mempercayai kita kedepannya.

Mengatakan “Maaf” adalah perilaku yang harus dipelajari dan dibutuhkan waktu serta latihan seperti sesuatu yang lain.

Minta maaf dan mau memaafkan adalah tindakan terbaik dari semua. Karena tindakan itu menunjukkan empati dan kasih sayang bagi orang-orang di sekitar anda.

Jangan menjadi seorang yang egois, yang mempertahankan kesombongannya, meninggikan hati dan enggan untuk mengakui kesalahan yang diperbuat sehingga tidak pernah ada kata maaf yang terucap dari mulutnya. Karena hal itu hanya akan menjadi boomerang bagi kehidupan kita.

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *