Manfaat Tersembunyi Dari Aloe Vera

Aloe Vera atau yang biasa disebut Lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang sejak ribuan tahun lalu telah dikenal dapat digunakan sebagai vitamin penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat dengan mudah kita temukan kawasan kering di Afrika.

Pada zaman Mesir kuno dulu, lidah buaya dikenal sebagai tanaman kesehatan, sehingga masyarakat Mesir Kuno dulu menyebut tanaman ini sebagai tanaman keabadian. Selain itu, seorang tabib dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat lidah buaya yaitu untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak manfaat dan khasiat lidah buaya yang ditemukan untuk kesehatan. Banyak sekali riset dan studi yang berhasil membuktikan khasiat tanaman lidah buaya ini. Berbagai macam penyakit mampu disembuhkan dengan memanfaatkan getah dari lidah buaya, baik penyakit dalam atau pun penyakit luar yang berhubungan dengan kulit. Getah atau lendir lidah buaya mengandung vitamin, mineral, asam amino, asam folik, polisakarida dan enzim – enzim yang baik untuk kesehatan. Semua kandungan tersebutlah yang menjadikan tanaman lidah buaya sebagai primadona di bidang bisnis kesehatan, kecantikan dan kosmetik. Tanaman lidah buaya bersifat anti-inflamasi, ant-jamur, anti-bakteri, anti-oksidan yang membantu proses regenerasi kulit dan menghambat penuaan dini.

Menurut data yang ada, tanaman Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Tanaman Lidah Buaya memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Lidah Buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 72 zat tersebut yang terkandung dalam lidah buaya itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Tapi, wanita hamil dan menyusui harus membatasi penggunaan lidah buaya karena dapat menyebabkan komplikasi pada ibu dan bayi. Begitu juga bagi penderita diabetes, terlalu banyak asupan lidah buaya dapat berbahaya karena bisa menurunkan tingkat gula darah.
Manfaat Aloe Vera

Di India lidah buaya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan ringan harian dan sebagai kosmetik alami. Salah satu masalah rutin yang kerap menimpa manusia seperti komedo bisa diatasi oleh lidah buaya, caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut. Caranya dengan membasuhkan lendir lidah buaya ke area komedo. Lidah buaya berkhasiat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain untuk penyembuhan, lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah.

Dengan melihat berbagai kandungan zat yang mempunyai manfaat untuk kesehatan didalamnya, berikut adalah beberapa manfaat rahasia untuk kesehatan dari Aloe Vera :

Sebagai Detoksifikasi

Ternyata lidah buaya bisa bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh. Kandungan Gelatin pada Lidah buaya berfungsi buat menyerap racun pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan cara mengonsumsi jus Lidah buaya.

Mengatasi Stress

Lidah buaya mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan tubuh

Selain kaya akan vitamin juga kaya akan anti oksidan yang tentunya mampu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kandungan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu menenangkan iritasi pada lapisan lambung dan kerongkongan. Penelitian juga menunjukkan lidah buaya mengurangi konsentrasi kolesterol dalam organ vital, melawan bakteri penyebab gigi berlubang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan kadar gula penderita Diabetes

Tanaman ini juga berfungsi sebagai penurun kadar gula bagi penderita diabetes. Diabetes melitus atau kencing manis ini disebabkan asupan makanan yang tinggi gula. Sehingga gula dalam darah jumlahnya berlebihan. Kandungan yang dimiliki lidah buaya mampu membantu mengobati penyakit ini.

Mengobati ganguan pencernaan

Bagi yang mengalai gangguan pencernaan seperti iritasi pada usus, tukak lamubung, dan perut terasa panas bisa mengobatinya dengan lidah buaya. Selain itu juga bisa menenangkan Esofagus serta mengatasi Refluks asam.

Mengobati Luka

Luka bakar dan gatal dapat disembuhkan dengan mengoles kulit dengan gel lidah buaya. Sifat antiinflamasi mengurangi peradangan kulit dan juga membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Selain luka bakar, tanaman Aloe Vera ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka lebam akibat benturan dan juga luka dalam.

Perawatan kulit

Lidah buaya ternyata dapat membantu mencerahkan warna kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya halus dan lentur. Selain itu, tumbuhan ini juga baik untuk menjaga kelembaban kulit, dapat membantu menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas luka, detoksifikasi racun pada kulit, serta mampu meperbaiki dan meremajakan kulit.

Mengatasi ketombe, rambut rontok, dan kebotakan

Lidah buaya memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membantu untuk melawan semua jenis infeksi pada rambut. Penggunaan lidah buaya melembapkan rambut, sehingga tampilannya halus dan mengilap.

Selain itu juga untuk mempertahankan pH kulit kepala, menjaga kelembapan kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, menjaga kondisi rambut, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan menghilangkan ketombe.

Mengurangi Berat Badan

Lidah Buaya juga mengandung berbagai macam mineral seperti mangan, tembaga, potasium, besi, sodium, zinc, chromium, dan kalsium. Selain itu, Lidah Buaya juga amat bagus dalam membantu mengurangi berat badan.

Menjaga kesehatan mulut

Manfaat lainya yaitu untuk menjaga kesehatan mulut. Lidah Buaya bermanfaat untuk mengatasi bengkak yang terjadi di mulut dan membersihkan plak gigi. Ada banyak orang yang sering mengonsumsinya dengan menjadikannya jus, namun ada juga yang menggunakannya dalam bentuk gel.

 

Banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan dari Aloe Vera atau Lidah Buaya. Manfaat-manfaat ini dapat ditemukan didalam Pharmos Natur Organic Aloe Vera Juice. Pharmos Natur Organic Aloe Vera Juice terbuat dari 100% tanaman Aloe Vera organik yang segar.

Jus Aloe Vera organik 100% ini terbuat dari daun tanaman segar Aloe Vera yang ditanam sendiri dengan tangan, diperkebunan tropis Meksiko yang lembab. diproses dengan baik di Jerman sesuai dengan Metode Original Pharmos Aloe Vera, tanpa penambahan air, pengawet, asam sitrat, bahan kimia atau aditif lainnya. Ini adalah jus yang sangat spesial dengan kualitas terbaik karena dibuat utuh.

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *